Waktu tidur yang baik berdasarkan usia

Waktu Tidur Yang Baik - Waktu tidur yang baik, kapan, berapa jam lamanya, dan apa manfaatnya? Berikut adalah tips waktu tidur yang baik berdasarkan usia anak dari bayi hinnga remaja dan dewasa.
Waktu tidur yang baik, sebelum kita bahas topik itu, alangkah baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu pengertian atau definisi dari tidur itu sendiri. Menurut KBBI (Kabus Besar Bahasa Indonesia), tidur adalah keadaan berhenti (mengaso) badan dan kesadarannya (biasanya dengan memejamkan mata).

Sedangkan tidur menurut wikipedia adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan. Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang. Fase peralihan dari sadar ke tidur disebut sebagai pradormitium dan fase peralihan dari tidur kembali ke sadar disebut sebagai postdormitium. Di dalam ilmu kedokteran ilmu yang mempelajari gangguan tidur disebut sebagai somnologie.

Manusia menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya dengan tidur. Tidur bukan saja karena kelelahan tetapi juga karena kebiasaan dan pola hidup. Faktor keamanan harus dibangun untuk mengatasi kemungkinan terjadinya kriminalitas ketika kita sedang tidur. Untuk itu selalu periksa keamanan rumah sebelum tidur.

Manfaat waktu tidur yang baik

tempat waktu tidur yang baik

Ini mungkin tampak jelas bahwa tidur sangat bermanfaat. Bahkan tanpa sepenuhnya harus disadari, kita tahu bahkan percaya bahwa hidup tanpa tidur dalam jangka waktu lama dapat membuat tubuh merasa tidak nyaman dan bahwa semakin baik kualitas tidur malam dapat membuat kita merasa siap untuk menjalani hidup yang lebih baik dan penuh semangat.

Para ilmuwan dan ahli tidur di amerika sudah berusaha keras untuk mencari tahu dari manfaat tidur. Dalam studi manusia dan hewan lain, mereka telah menemukan bahwa tidur memiliki peran dan pengaruh terhadap fungsi kekebalan tubuh, memori, metabolisme, belajar, dan fungsi-fungsi penting dalam tubuh lainnya. Fitur-fitur dalam bagian ini mengeksplorasi penemuan tersebut dan menjelaskan cara-cara tertentu di mana kita semua memperoleh manfaat dari tidur.

Mengapa orang-orang diharuskan tidur?

Meskipun para ilmuwan tidak sepenuhnya yakin mengapa kita tidur, mereka memiliki banyak ide dan pendapat tentang fungsi tidur yang misterius bagi kehidupan. Sementara beberapa fungsi mungkin memiliki akar dalam evolusi. Tidur memiliki peran potensial dalam memori dan Kesehatan, tampaknya sangat relevan dengan kehidupan di abad ke-21.

Kapan waktu tidur yang baik?

Merasa lelah? marah, grogi, bahkan perasaan malas untuk melakukan sesuatu menguasai tubuh? Kemungkinan besar hal tersebut terjadi dikarenakan kekurangan tidur. Apakah waktu tidur yang baik sudah dipenuhi? dan lebih penting lagi apakah dapat mengejar waktu tidur yang baik dan cukup?

Kapan waktu tidur yang baik dan ideal? Apakah awal lebih baik? jam 11 malam? Setelah matahari terbenam? Para ahli mengatakan tidak sesederhana itu untuk menjawab pertanyaan tersebut. Terdapat beberapa rentang waktu yang harus ditentukan untuk mengetahui waktu tidur yang baik untuk tidur malam yang sehat. Tidak ada waktu tidur khusus yang ditentukan untuk menjaga kualitas tidur di tengah malam. Banyak yang bertanya mengenai hal ini, kapan waktu tidur yang baik untuk kesehatan?

Waktu tidur yang baik adalah di malam hari, karena pada malam hari itulah organ dalam tubuh bekerja secara maksimal. Dan pada saat itulah oragan luar tubuh dianjurkan rileks atau istirahat dengan cara tidur di malam hari. Akan tetapi hal ini menjadi kabar buruk bagi mereka yang bekerja di malam hari atau pekerja yang mendapakan shift malam, karena mereka tidak bisa tidur di malam. Walau mereka dapat memutar atau merubah waktu tidur menjadi siang hari setelah pulang kerja, akan tetapi hal tersebut tetap saja sia-sia.

Lalu bagaimana dengan mereka yang bekerja di siang hari, kapan waktu atau jam yang tepat dan baik untuk melakukan tidur? Ahli mengatakan ada beberapa jam yang baik untuk memulai tidur, diantara pukul 08:00 malam hingga 12:00 malam. Percaya atau tidak genetika atau faktor usia juga menentukan hal ini, apakah anda merasa lebih nyaman memulai tidur malam di awal atau di tengah malam hari. Bahkan faktor daerah juga memiliki kontribusi atau peranan tersendiri untuk menentukan seseorang lebih nyaman tidur awal malam atau tengah malam hari. Ahli mengatakan, tidak dianjurkan memaksakan diri untuk tidur di awal malam jika tidak merasa lelah atau kantuk. Terpenting adalah bagaimana caranya agar dapat tidur selama tujuh atau hingga delapan jam penuh. Sebagian peneliti juga menganjurkan untuk dapat mengatur waktu tidur secara konsisten selama tujuh jam dalam sehari setiap harinya, tidak kurang tidak lebih.

Waktu tidur yang baik akan berubah seiring bertambahnya usia. Sementara anak-anak kecil atau balita cenderung lebih cepat lelah dan akan tertidur di awal malam, sebaliknya bagi orang dewasa mungkin lebih cenderung akan lelah dan tidur sekitar atau setelah tengah malam hari. Ahli mengatakan semua itu diatur secara tidak langsung oleh faktor biologi setiap manusia.

Akan tetapi, menurut saya, waktu tidur yang baik juga tidak dapat hanya diukur melalui tingkat kantuk saja. Bagaimana jadinya jika orang yang telah tidur panjang di siang hari, umumnya orang tersebut tidak akan merasa kantuk di malam hari. Sehingga jika hanya menuruti rasa kantuk saja, maka tanpa dikarenakan tuntutan aktivitas dan rutinitas yang mendesak, konsistensi waktu tidur akan jauh dari yang namanya waktu tidur yang baik.

Waktu tidur yang baik berdasarkan usia

Waktu tidur yang baik  berdasarkan usia

Pembahasan pada blog ini difokuskan pada waktu tidur yang baik, dan saya pikir pembahasan ini dimulai dari waktu tidur yang baik berdasarkan usianya. Banyak orang bertanya mengenai waktu tidur anak-anak yang baik dan benarkah hal tersebut memiliki perbedaan.

Jawabannya adalah IYA, setiap manusia memiliki jam bilogis untuk tidur yang berbeda-beda sesuai dengan aktivitas dan runtinitas kesehariannya, termasuk anak-anak. Akan tetapi anak-anak lebih cenderung lebih cepat ingin tidur. Dan tidak ada salahnya pula bahkan disarankan bagi kita sebagai orang tua membantu ritme atau kebiasaan tidur dan membantu kapan seharusnya anak bangun secara konsisten. Karena menjaga konsisten dan/atau kebiasaan tidur serta waktu bangun tidur dapat membantu untuk menjaga waktu tidur yang sehat bagi anak, bahkan kita sebagai manusia. Hal tersebut disampaikan juga oleh Harvard Medical School Division of Sleep Medicine.

Kebutuhan waktu tidur yang baik bagi anak berbeda-beda dan kita tahu seperti apa anak anda jika dia tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup. Banyak dari kita telah keliru, berfikiran dan membiarkan anak terlambat tidur atau tidur larut malam karena beranggapan di pagi harinya sang anak akan tertidur juga. Sedangkan jika tidur terlambat akan mengakibatkan beberapa hal sebagai berikut:

Kesulitan tidur. Setelah anak tertidur tubuhnya akan menghasilkan kortisol dan adrenalin (hormon yang merangsang tubuh). Orang tua kadang-kadang melihat anak mereka seakan tak ada masalah.

Bangun malam. Sering ketika anak-anak tidur terlambat, tidurnya tidak akan bersuara akan tetapi mereka cenderung akan sering terbangun dari tidur semalaman. Kortisol menyebabkan kualitas tidur yang buruk.

Bangun pagi. Tampaknya kontra-intuitif, tetapi seringkali ketika anak-anak yang bangun tidur di pagi, tidur akhir adalah penyebabnya

Kurang tidur. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak dengan tidur terlambat mendapatkan secara kumulatif kurang tidur dibandingkan anak-anak yang telah sebelumnya mendapatkan waktu tidur cepat.

Jadi kapan waktu tidur yang baik untuk si kecil di malam hari? Hal tersebut tergantung sedikit pada tidur siang sang anak. Namun berikut adalah beberapa pedoman umum waktu tidur yang baik berdasarkan usianya:

Waktu tidur yang baik untuk bayi

Anak bayi atau balita membutuhkan lama waktu tidur selama 15-18 jam tidur. Anak Bayi belum memiliki ritme sirkadian apapun, dan biasanya mereka mengalami tidur singkat dari dua sampai empat jam sepanjang hari dan malam.

Waktu tidur yang baik untuk anak umur 1-4 bulan

Anak dengan usia 1-4 bulan membutuhkan lama waktu tidur selama 14-15 jam tidur. Anak seumuran ini bisa dibimbing untuk tidur diantara jam 8:00 hingga 11:00. Bayi ini masih dalam perkembagnan dan seringkali makan di sepanjang malam.

Waktu tidur yang baik untuk anak umur 4-8 bulan

14-15 jam tidur adalah kebutuhan dari anak dengan umur 4-8 bulan. Waktu tidur yang baik untuk anak usia ini adalah antara jam 5:30 sampai 7:30. Ritme sirkadian pada usia ini muncul. Kebiasaan lama waktu tidur anak seumuran ini idealnya sekitar 9, 12, 13, dan membantu anak untuk tidur lebih awal akan membantu perkembangan fisik dan mental yang signifikan untuk seorang anak.

Waktu tidur yang baik untuk anak usia 8-10 bulan

12-15 jam tidur adalah durasi lama waktu tidur yang baik bagi anak umur 8-10 bulan. Jam 5:30-7:00 adalah lebih baik. Bayi usia ini mungkin hanya mengambil dua jam tidur (9 AM, 1 PM). Tidur harus selambat-lambatnya 3,5 jam setelah kedua nap berakhir. Waktu tidur mungkin bergerak sebelumnya untuk mengkompensasi kurangnya ketiga nap.

Waktu tidur yang baik untuk anak umur 10-15 bulan

Anak umur 10-15 bulan membutuhkan waktu tidur antara 12-14 jam tidur. Waktu tidur yang baiknya adalah 6:00 -7:30. Bayi usia ini mungkin cenderung hanya satu tidur sore, sehingga waktu tidur mungkin perlu dipindahkan sebelumnya untuk sementara. Tidur harus selambat-lambatnya 4 jam setelah terbangun dari tidur siang.

Waktu tidur yang baik untuk anak umur 15 bulan - 3 tahun

Anak umur 15 bulan hingga 3 tahun membutuhkan waktu tidur selama 12 hingga 14 jam tidur. Jam tidurnya adalah 6:00 -7:30. Tidur siang mungkin berakhir selama periode ini, atau tidak teratur. Memindahkan tidur lebih awal untuk membantu penyesuaian tanpa tidur siang.

Waktu tidur yang baik untuk anak umur 3-6 tahun

11 hingga 13 jam tidur adalah waktu tidur yang baik untuk anak umur 3 hingga 6 tahun dan jam tidurnya dalah sekitar jam 6:00-8:00. Anak sesuia ini mungkin akan turun tidur siang. Setelah anak tidak lagi tidur, ia akan perlu tambahan jam tidur di malam hari, jadi dia akan menyesuaikan waktu tidurnya.

Waktu tidur yang baik untuk anak umur 7-12 tahun

Umur anak 7 sampai 12 tahun memiliki waktu tidur yang baik selama 10-11 jam tidur. Waktu tidur baiknya ialah 7:30-9:00. Anak seusia sekolah yang masih mengalami pertumbuhan yang sangat besar, sangat aktif, dan memerlukan banyak tidur. Tidur yang memadai membantu dengan kinerja sekolah, perilaku, perhatian, memori, dan banyak lagi.

Waktu tidur yang baik untuk anak usia remaja

Anak usia remaja membutuhkan waktu tidur yang baik minimal 9 atau lebih jam tidur. Jam waktu tidurnya menyesuaikan dan banyak remaja harus sampai lebih awal untuk tiba di sekolah. Maka jam kapan anak seusia remaja remaja harus mulai tidur malam dapat dihitung secara mundur dari kapan waktu seharusnya dia bangun dari tidur. Untuk ketepatan perhitungan waktunya, tambahkan 15 menit sebagai tambahan untuk persiapan sang anak untuk mendapatkan tidur.

Related Posts: Waktu tidur yang baik berdasarkan usia